Integration and Merger Activity

Integerasi terjadi melalui suatu proses merger dimana terdapat dua atau lebih perusahaan menjadi sebuah perusahaan. Secara alami dengan adanya integerasi akan membuat perusahaan menjadi besar.

  • Vertical Integration: integrasi dari dua atau lebih perusahaan untuk memproduksi satu komponen dalam satu produk. Contoh pabrik pembuatan mobil, dimana terjadi integrasi antara produsen plat baja untuk membuat body serta engine mobil.
  • Horizontal integeration: integrasi dari dua atau lebih perusahaan yang memproduksi barang yang sejenis. Alas an utama adanya horizontal integration adalah penghematan biaya dari skala ekonomi, yang kedua adalah semakin bertambahnya  market power perusahaan yang bersangkutan.
  • Conglomerate Mergers: integrasi beberapa produk yang berbeda dalam satu perusahaan. Secara umum keuntungan dari conglomerate integration adalah adanya saling bergantiannya waktu kebutuhan produk, disaat produk lain turun akan ditopang dengan produk lain pula yang sedang naik, ini dikarenakan adanya perbedaan jenis produk di perusahaan yang terlibat integrasi tsb.
  • Trends in Merger, take over and acqusition: beberapa faktor yang mempengaruhi merger akan adanya penurunan transactional cost, adanya benefit secara ekonomi, meningkatkan market power, adanya peningkatan dalam capital market.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s