Overview dari Jenis Pasar & Perusahaan

  • Prefect competition: pasar dengan karateristik kompetisi sempurna (perfect competition), terdapat banyak perusahaan yang bermain di bisnis yang sejenis. Perusahaan tersebut mempunyai teknologi dan produk yang dipasarkan sejenis, sehingga tidak ada satu perusahaanpun yang mempunyai keunggulan tertentu di bisnis tersebut. Perusahaan dalam persaingan sempurna tidak mempunyai kekuatan untuk mengontrol pasar.

  • Monopoly: perusahaan yang merupakan produsen tunggal dalam produk maupun jasa dalam pasar yang relevan. Sebagai contoh sebagian besar perusahaan yang bergerak untuk kepentingan umum (PLN, Telkom, Pertamina). Dikarenakan perusahaan tersebut bermain seorang diri maka ada tendensi  untuk mengkapitalisasi  dalam monopoli posisi dengan mengurangi output dan menaikan harga diatas marginal cost nya.

  • Monopolistic competition: pasar dengan karateristik tersebut terdapat banyak perusahaan dan konsumen seperti pada pasar kompetisi sempurna, yang berbeda dengan pasar kompetisi sempurna adalah produk yang dihasilkan sedikit berbeda diantara produsen. Sebagai contoh adalah bisnis makanan restoran.
  • Oligopoly: pasar dimana terdapat beberapa perusahaan besar saja yang mendominasi pasar tersebut. Sebagai contoh: airline, aeorospace, automobile. Ketika perusahaan yang berada dalam pasar oligopoly merubah harga atau strategi, secara umum tidak hanya profit dari perusahaan yang bersangkutan saja yang berubah, tetapi profit dari perusahaan yang lainpun akan berpengaruh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s